Seba Baduy 2014

Ribuan warga Baduy turun gunung gelar tradisi Seba Baduy, LEBAK_BANTEN

LEBAK – Masyarakat suku Baduy melaksanakan tradisi yang sudah menjadi turun temurun semenjak zaman nenek moyang mereka, yaitu Seba Baduy, Jumat (2/5) malam. Sekitar 1.027 orang yang terdiri daru suku Baduy dalam maupun Baduy luar akan menempuh beberapa tempat yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang dengan berjalan kaki.

Seba Baduy merupakan acara adat tahunan masyarakat suku Baduy yang telah dilakukan sejak turun menurun yang merupakan ritual kunjungan masyarakat Suku Baduy ke pejabat pemerintah setempat yang disebut ibu gede bapak gede. Mereka membawa hasil bumi seperti pisang, kelapa, gula aren dan sayur sayuran.

Upacara Seba Baduy ini resmi dilepas oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, di Pendopo Kabupaten Lebak pada Jumat (2/5) malam.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Lebak, Iti Jayabaya mengatakan kebudayaan suku baduy harus tetap dipertahankan sebagai kekayaan budaya bangsa. “Tradisi Seba Baduy ini harus di pertahankan sebagai akar budaya,” ujarnya.

Pagi ini, seribuan masyarakat suku Baduy akan meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki menuju kota Serang ke pendopo Gubernur Banten. “Besok pagi menuju Serang ke pendopo gubernur, kalau sekarang nginap di sini (pendopo Bupati Lebak-red),” ujar kokolotan suku Baduy, Ayah Mursid. (Sumber Merdeka.com)

Seba Baduy 2014
Seba Baduy 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *